tutorial Menghitung Gaji Karyawan dengan Excel

tutorial Menghitung Gaji Karyawan dengan Excel

tutorial Menghitung Gaji Karyawan dengan Excel

tutorial Menghitung Gaji Karyawan dengan Excel – Diantara metode pengolahan data yg cukup gampang untuk menghitung gaji karyawan Yaitu memakai perangkat lunak Microsoft Office Excel. Software yg terintegrasi dengan program-program keluaran Microsoft yg lain ini memakai formula (rumus) Eksklusif sehingga Bisa mengolah data dengan otomatis. Rumus akan mengkalkulasi data yg diketikkan dan selanjutnya menyuguhkan hasilnya di kolom dan baris. Tata tutorial menghitung gaji karyawan dengan Excel akan dijelaskan berikut ini.

Baca juga : Gaji Pegawai Bank Danamon

Pertama, buka program Microsoft Excel di laptop. Buatlah dua table Yaitu Tabel I berisi kolom-kolom :
Kolom A 5: Kode
Kolom B 5: Nama Karyawan/Pegawai
Kolom C 5: Jabatan
Kolom D 5: Status
Kolom E 5: Gol (Golongan)
Kolom F 5: Gapok (Gaji inti)
Kolom G 5: Tunjangan
Kolom H 5: Astek
Kolom I 5: Gaji Higienis
Sementara Tabel II dipakai Jadii tabel sumber data untuk tabel I dan terdiri dari 3 kolom Yaitu : Gol, Gapok, Tunjangan.
Tentukan kode untuk penunjang berfungsinya formula yg digunakan menghitung dan memunculkan data di tabel I. Kode-kode Itu misalnya : AKT, ADM, SAL, OPE Jadii kode untuk jabatan karyawan. Berbagai kode Itu akan berfungsi dengan otomatis di Tabel I kolom C (Jabatan) Bagaikan gabungan dua formula ialah formula If dan Left. A Jadii kode Golongan karyawan. Kode Itu beroperasi untuk menyuguhkan data di tabel I kolom E. Data yg dihasilkan di kolom E Yaitu data yg berasal dari tabel II memakai formula MID.
K Jadii kode status karyawan yg Jadii sumber data untuk kolom D memakai formula IF. Penulisan Bisa dengan : AKT-A-T. Sementara untuk tabel I, kolom-kolom selanjutnya ini mewujudkan hitungan yg umumnya digunakan di Excel Yaitu :
– Tunjangan sebesar 10% dari Gapok.
– Astek sebesar 2 % dari Gapok
– Gaji Higienis dihitung dari Gaji inti+Tunjangan+ Astek
Masukkan data tabel I kolom A dan B dengan manual menurut kode-kode yg ditentukan tadi.  Untuk kolom C 6 (Jabatan) masukkan formula :
=IF(LEFT(A6;3)=”AKT”;”AKUNTANSI”;IF(LEFT(A6;3)=”ADM”;”ADMINISTRASI”;IF(LEFT(A6;3)=”OPR”;”OPERATOR”;IF(LEFT(A6;3)=”SAL”;”SALESMAN”;”MAAF, KODE kita Disorientasii”))))
Untuk kolom D 6 (status) masukkan formula =IF(RIGHT(A6)=”K”;”Kawin”;”Bujang”)
Untuk kolom E 6 (Gol) masukkan formula =MID(A6;5;1)
Untuk kolom F 6 (Gapok) masukkan formula =VLOOKUP(E6;G21:I23;2)
Untuk kolom G 6 (Tunjangan) masukkan formula =10%*F6.
Untuk kolom H 6 (Astek) masukkan formula =2%*F6
Untuk kolom I 6 (Gaji Higienis) masukkan formula =F6+G6+H6
Sementara untuk baris selanjutnya caranya Serupa aja dengan yg diatas Yaitu memasukkan datanya dengan tips manual. apabila Galat di menginput kode di kolom A maka otomatis di kolom C akan keluar pesan  “Maaf, Kode kita Disorientasii”. Cek sekali lagi input data yg dilakukan.

Advertisement
Ads 300px